Langsung ke konten utama

Lebih baik mana, lebih baik semen biasa atau mortar

Sebelum memutuskan lebih baik mana, semen biasa atau mortar ?

apa itu mortar


Ada baiknya, kita mengenal dahulu apa itu mortar, manfaat dan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.

Apa itu Semen ? Semen adalah bahan berbentuk bubuk yang digunakan untuk untuk merekat batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya. Semen terdiri dari bahan dasar utama kapur, silika, alumina, dan besi oksida, semen dicampur dengan air untuk membuat adukan yang dapat digunakan untuk menyatukan material bangunan.

Penggunaan semen biasanya dimulai dengan mencampurkan bahan dasar dengan air untuk membentuk adukan. Prosesnya harus dilakukan secara perlahan-lahan dan terus-menerus hingga adukan menjadi homogen.

Setelah adukan menjadi homogen, material bangunan dapat ditempelkan padanya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari semen saat digunakan, b eberapa hal yang perlu diperhat ikan adalah kualitas bahan dasar semen, rasio campuran semen dan air, dan waktu pengeringan semen setelah digunakan.

Jadi, semen adalah bahan penting untuk konstruksi karena dapat memberikan kekuatan dan kestabilan pada bangunan..

Untuk memutuskan lebih baik semen biasa atau mortar, sekarang kita mengenal apa itu mortar ? Mortar merupakan istilah yang digunakan untuk campuran semen, pasir, dan juga air.

Tak dipungkiri orang awam berfikir jika mortar adalah semen. kenyataannya semen dan mortar itu dua hal yang berbeda, semen merupakan campuran dari pasir silika, batu kapur, pasir besi dan juga tanah liat.

Semen biasanya bahan yang digunakan sebagai pembuatan adukan. Sedangkan Mortar adalah istilah lain dari adukan atau yang dikenal juga dengan spesi yang terdiri dari bahan pengikat, air, dan bahan pengisi.

Sudah mulai tergambar, lebih baik semen biasa atau mortar ?

Beberapa kelebihan Mortar diantaranya :

1. Mudah dan praktis

Mortar sudah pasti lebih mudah serta praktis pada saat diaplikasikan. Kamu tidak perlu membuat adukan semen. Hanya tinggal mencampurkannya dengan air, dan mortar sudah bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.

2. Menghemat waktu

Pembuatannya yang tidak seribet semen biasa membuat mortar instan menjadi solusi untuk menghemat waktu.

3. Konsistensi terjamin

Mortar dibuat oleh pabrik yang sudah melalui tahapan yang sesuai standar dan prosesnya diawasi. Hal ini membuat kualitas dari mortar terjamin, konsisten, dan sesuai standar.

4. Mudah disimpan

Jika menyimpan semen biasa, kamu perlu menyediakan dua tempat jika masih ada yang tersisa. Satu untuk semen, satunya lagi untuk pasir. Tetapi dengan mortar instan, kamu hanya perlu menyediakan satu tempat. Sehingga tidak menghabiskan banyak ruang di rumah.

Itulah beberapa kelebihan dari mortar. Walaupun mortar memiliki beberapa kelebihan, mortar juga tentunya memiliki kekurangan.

Bagaimana ? Sudah bisa memutuskan lebih baik semen biasa atau mortar ?

Untuk yang memutuskan akan menggunakan mortar, Sandmix mortar bisa menjadi salah satu mortar pilihan.